Kalimantan Tengah selain menyimpan keindahan alamnya dalam wisata pantai Kalimantan Tengah, juga mempunyai wisata kuliner yang sangat nikmat. Bahkan wisata kuliner khas Kalimantan Tengah tidak mudah dijumpai pada wilayah lain di Indonesia. Sebab karena khas dari provinsi tersebut, tentu resep serta bumbu hanya masyarakat disana yang mengetahuinya. Namun tidak perlu risau, sebab anda dapat mencicipi kuliner khas Kalimantan Tengah saat mengunjungi provinsi tersebut. Sebab disana tentunya telah disediakan pada restouran atau tempat makan khas melambangkan Kalimantan Tengah. Jadi sebagai wisatawan atau pengunjung, anda tidak perlu bingung untuk mencari wisata kuliner khas Kalimantan Tengah untuk menikmati makanan khas tersebut.

Wisata Kuliner Khas Kalimantan Tengah Yang Nikmat

Berburu Wisata Kuliner Khas Kalimantan Tengah Sedap Dan Nikmat

Tidak afdol rasanya jika berburu wisata kuliner khas Kalimantan Tengah namun tidak mengetahui ragam kuliner khasnya. Namun tidak perlu khawatir, disini akan dipaparkan beberapa ragm kuliner yang khas dari provinsi Kalimantan Tengah. Dengan menyimaknya, maka anda tidak perlu bingung lagi karena dapat mengetahui kulinernya. Dan langsung saja inilah wisata kuliner khas Kalimantan Tengah yang nikmat dan sedap tentunya.

  • Wadi

Wisata Kuliner Khas Kalimantan Tengah Yang Nikmat

Wadi ialah sebuah kuliner khas Kalimantan Tengah dengan bahan dasarnya daging ikan namun juga dapat menggunakan daging babi. Daging akan dibusukkan atau difermentasikan dengan suatu bumbu tertentu. Yaitu bumbu yang terbuat dari beras ketan atau biji jagung yang dihaluskan. Wisata kuliner khas Kalimantan Tengah bernama wadi ini tidak dapat dibuat oleh orang yang sembarangan. Sebab cara membuat yang terkesan sederhana namun jika gagal, wadi akan memberikan rasa yang tidak sedap bahkan tidak dapat dimakan. Maka itu sebaiknya anda berkunjung ke Kalimantan Tengah untuk menikmati olahan khas ini dari ahlinya langsung.

  • Kenta

Wisata Kuliner Khas Kalimantan Tengah Yang Nikmat

Wisata kuliner khas Kalimantan Tengah selanjutnya ialah kenta. Yaitu semacam makanan khas sejenis kue. Makanan khas Kalimantan Tengah ini terbuat dari bahan dasar ketan padi yang disanggrai dan ditumbuk dengan lesung kayu sehingga memiliki bentuk yang pipih. Sebenarnya rasa dari kuliner khas Kalimantan Tengah tepatnya suku Dayak ini terbilang cukup hambar. Namun adanya parutan kelapa sebagai toping serta bubuhan gula pasir, membuat rasa menjadi manis dan nikmat.

  • Bangamat atau paing

Wisata Kuliner Khas Kalimantan Tengah Yang Nikmat

Paing atau juga dapat disebut dengan bangamat ini merupakan makanan tradisional yang khas dari Dayak. Bahan dasar yang digunakan ialah kalong atau kelelawar besar. Cara memasaknya awalnya kalong akan dibersihkan dengan membuang beberapa bagian dan menyisakan sayap, bulu dan dagingnya saja. Lalu akan dimasak dengan beberapa bumbu tertentu. Juga dapat menambahkan dengan sayuran seperti jantung pisang untuk menambah cita rasa dari wisata kuliner khas Kalimantan Tengah ini.

  • Juhu umbut sawit

Wisata Kuliner Khas Kalimantan Tengah Yang Nikmat

Nama tersebut diambil dari sebuah jenis sayuran yang menjadi bahan utama dari kuliner khas tersebut. Umbut sawit ini merupakan sebuah bongkot seperti rebung bambu. Namun bukan berasal dari pohon bambu, melainkan dar pohon kelapa. Pada dulunya masakan juu umbut sawit hanya disajikan saat acara tertentu seperti upacara adat atau syukuran tertentu. Namun saat ini juhu umbut sawit telah menjadi wisata kuliner khas Kalimantan Tengah yang dapat dinikmati oleh wisatawan atau pengunjung.

Sebenarnya terdapat banyak lagi wisata kuliner khas Kalimantan Tengah yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Baik makanan pedas atau yang manis tentu tersedia sebagai santap makan siang atau malam anda di Kalimantan Tengah. Jadi anda perlu mencoba wisata kuliner khas Kalimantan Tengah agar kunjungan anda disana akan lebih terkesan dan tentunya mengenyangkan.

Leave a Comment