Selain terkenal dengan wisata pantai Aceh, kota Serambi Makkah atau Sabang ini juga terkenal dengan wisata kuliner khas Aceh yang sangat nikmat. Bahkan bumbu serta rasa yang ditawarkan tidak akan dapat dirasakan pada wilayah atau tempat lain. Hal ini tentu dikarenakan cita rasa khas juga resep rahasia yang secara turun-temurun diwariskan. Berkunjung di kota Aceh untuk liburan untuk melepaskan penak tidak akan berjalan dengan lancar jika tidak adanya energi dari makanan. Membawa makanan dari rumah tentu sangat repot dan tidak mungkin. Maka itu solusinya ialah anda perlu mencoba wisata kuliner di Aceh dengan kekhasannya yang tidak ada duanya. Selain dapat kenyang dan memiliki energi, dengan menikmati wisata kuliner di Aceh maka anda akan mendapatkan pengalaman baru.

4 Menu Khas Wisata Kuliner Di Aceh Yang Sedap

Wisata Kuliner Di Aceh Dengan Menu Khas

Wisata kuliner di Aceh tidak akan lengkap jika tidak mencicipi menu khas dari Sabang tersebut. Maka itu sebagai bekal agar anda tidak kebingungan mencari kuline khas, anda perlu mengetahui apa saja menu khas yang dapat dinikmati di kota Aceh tersebut. Simaklah ulasan tentang wisata kuliner di Aceh dengan menu khas yang sangat sedap pastinya.

1. Rujak Aceh yang segar

Wisata Kuliner Di Aceh Dengan Menu Khas

Wisata kuliner di Aceh yang pertama ialah rujak Aceh yang merupakan menu khas. Bahan utama kuliner khas ini terdiri dari beberapa macam buah, seperti buah pepaya, nanas, timun, mangga dan lainnya. Selain itu terdapat bumbu rujak Aceh yang berwarna kecoklatan tersebut. Yaitu terbuat dari campuran gula merah dengan beberapa bumbu lainnya. Cara membuatnya awalnya bumbu akan dihaluskan dengan ulekan hingga halus, setelah itu buah akan dipotong sesuai selera dan diaduk menjadi satu. Sehingga rasa yang akan muncul ialah pedas manis dari bumbu serta rasa segar dari buah.

2. Ayam tangkap terpopuler

Wisata Kuliner Di Aceh Dengan Menu Khas

Menu yang harus dicoba saat berkunjung di Aceh ialah ayam tangkap. Wisata kuliner di Aceh ini sangat populer dengan cita rasa yang sangat nikmat antara perpaduan gurih serta nikmat dari bumbu yang digunakan. Dinamakan ayam tangkap karena saat menyantapnya anda harus mencari daging ayam diantara cabai, daun pandai dan daun temurui dalam satu piring. Bagaikan memancing atau menangkap ikan diantara air.

3. Mie khas Aceh

Wisata Kuliner Di Aceh Dengan Menu Khas

membahas tentang wisata kuliner di Aceh tidak akan lengkap jika tidak ada mie Aceh yang khas. Mie ini sangat terkenal diseluruh bagian wilayah Indonesia. Maka itu tidak heran jika anda menjumpai mie Aceh dijual pada daerah manapun. Namun tidak afdol jika mencicipi mie ini tidak di kota asalnya. Maka itu jika anda berlibur atau berkunjung diaceh, patut sekali untuk mencicipi mie Aceh dengan rasa yang sangat sedap pastinya.

4. Kuah beulangong atau kari Aceh

Wisata Kuliner Di Aceh Dengan Menu Khas

Disebut dengan kuah beulangong karena untuk memasak menu khas Aceh ini menggunakan kuali besar yang disebut dengan beulangong oleh masyarakat Aceh. Rasa dari wisata kuliner di Aceh ini tentu sangat sedap dengan adanya rempah dan bumbu khas dari kota tersebut. Yang membedakan kari Aceh ini dengan kari lainnya ialah dari bahan yang digunakan. Yaitu tidak menggunakan air santan, namun menggunakan kelapa parut yang langsung dioseng bersama bumbu. Daging yang digunakan dapat berasal dari sapi, ayam atau kambing. Asalkan mengikuti ressep yang sesuai, maka kari Aceh atau kuah beulangong tentu dapat dinikmati.

Untuk menikmati wisata kuliner di Aceh tersebut anda tidak perlu membuat atau bingung mencari di kota asalnya, sebab banyak sekali kedai atau restouran yang menyediakan menu khas tersebut. Jadi anda tinggal mencari tempat makan disekitar tempat anda menginap atau tinggal untuk menemukan menu khas dari Aceh tersebut.

Leave a Comment