Di malang juga terdapat wisata religi yakni masjid tiban turen, apakah anda pernah mendengar tentang masjid tiban turen?? Pastinya pernah bukan… masjid ini memang terkenal dengan arsitekturnya yang indah memadukan antara arsitektur india, china, dan arab modern. di namakan masjid tiban karena isu yang beredar masjid ini tiba-tiba ada, dan berita yang paling membuat penasaran adalah tentang kabarmasjid ini yang di buat oleh pasukan jin dalam 1 malam. Namun ternyata kenyataannya “tidak” masjid tiban turen di buat oleh tangan manusia biasa, masjid tiban turen berada di area pondok pesantren salafy biharu bahri’asali fadhaailir rahmah, dan yang membuat masjid ini adalah santri-santri dan para jamaa’h di masjid ini sendiri. Dan tentunya anda tidak akan menyesal sepulang dari tempat ini bahkan anda akan ingin balik lagi ke tempat ini.

Masjid tiban turen ini arsitekturnya memang luar biasa seperti bangunan timur tengah namun ternyata pembuatan masjid ini tidak menggunakan rancangan arsitek manapun, hanya sang pemilik pondok pesantren KH Achmad Bahru Mafdholudin Sholeh yang mendapatkan petunjuk membangun masjid ini dari isthikhoroh. Masjid tiban turen ini di bangun sejak tahun 1991namun sampai sekarang pembangunannya belum juga rampung, dan dana dari pembuatan masjid ini pun juga hanya dari jama’h-jamaa’h masjid ini sendiri, masjid ini mepunyai 9 lantai anda bisa menjelajah 9 lantai tersebut menggunakan lift atau anak tangga.

Di setiap lantai anda akan di manjakan oleh pemandangan yang sangat indah dari masjid ini, di lantai pertama pintu masuknya di buat lorong-lorong dengan hiasan lampu di atasnya yang memberi kesan tersendiri. Di ruangan setiap lantai anda akan selalu berdecak kagum oleh arsitekturnya dinding-dindingnya yang selalu di hiasi oleh kaligrafi, di salah satu lantai anda akan menemukan toko makanan dan minuman ringan serta toko cinderamata yang penjualnya adalah santriwati dari pondok tersebut, di lantai 9 anda bisa menikmati pemandangan yang indah baik itu di dalam komplek atau di luar kompleks pondok pesantren.

Meskipun pembuatan masjid tiban turen ini belum rampung, namun masjid ini tidak pernah sepi dari pengunjung, jika anda baru pertama kali datang di masjid ini anda akan di beri kartu masuk yang nantinya harusanda berikan di bagian informasi hal ini untuk keamanan pengunjung, dalam hal ini anda tidak di pungut biaya [gratis]. Masjid tiban turen berlokasi di Jl Anggur Rt 27 Rw 06 di desa Sanan rejo Kecamatan Turen Kabupaten Malang. Tempat ini memang jauh dari kota malang namun akses jalannya juga mudah bisa di lalui oleh kendaraan roda 4 ataupun bus pariwisata.