Setelah kita keliling di pantai kuta bali belum lengkap rasanya jika kita tidak datang ke pantai sanur, Pantai Sanur tidak kalah menariknya dengan pantai yang lainnya yang masih tetap di kawasan wisata di bali. Jika anda sudah berkunjung di sana anda tidak usah bingung untuk mengunjungi pantai sanur karena tempatnya dekat dengan kota Denpasar, Rute yang harus anda tempuh kurang lebih hanya 18 Km kalau anda berada di bandara internasional bali, dan kalau dari kota Denpasar sebelah timur.

Wisata Pantai Sanur

Kawasan Wisata Pantai Sanur

Pantai Sanur ini sering kali disebut dengan julukan pantai MATAHARI TERBIT atau sebutan dalam bahasa inggris adalah Sunrise Beach. Karena memang lokasi Pantai Sanur ini berada di sebelah wilayah timur Bali, maka pantai sanur ini menjadi salah satu lokasi yang tepat untuk menikmati Matahari Terbit (Sunrise). Hal inilah kenapa pantai ini menjadikan tempat wisata banyak menarik perhatian para wisatawan lokal maupun wisatawan asing, bahkan disepanjang ruas jalan di pantai Sanur ini anda akan banyak menemui papan nama pantai Matahari Terbit ini semua dikarenakan pemandangan saat Matahari terbit sangat indah dan mengagumkan jika di lihat dari Pantai Sanur.

Pantai Sanur ini sudah terkenal sejak dahulu terutama ketika terjadi perang besar waktu itu yang sampai sekarang masih saja menjadi sejarah di pulau bali, Perang Puputan Badung berlangsung pada tanggal 20 September 1906, pada saat itu pasukan dari Belanda mendaratkan tentaranya tepat di kawasan pantai Sanur. Menguak dalam sejarah Bali terdahulu, pantai Sanur memang sudah terkenal dengan banyaknya bukti berupa tugu prasasti batu yang bertulis Prasasti Blanjong, Parasasti Blanjong merupakan prasasti sejarah dari Raja Kasari Warmadewa yang beristana di Singhadwala sekitar ditahun 917 M, Tempat prasasti ini terdapat di Blanjong, daerah bagian kawasan selatan dari pantai Sanur. Dalam dunia pariwisata, Pantai Sanur pertama kali di perkenalkan oleh seorang pelukis yang cukup terkenal ber-warga negara Belgia bernama A.J. Le Mayeur bersama dengan istri-nya yaitu Ni Polok yang saat itu menetap di pantai Sanur pada tahun 1937 dan dia sering kali mengadakan pameran lukisan dengan karya tulisnya sendiri.

Di pantai Sanur ketika pagi hari anda akan melihat kesibukan para nelayan yang sedang mendorong perahunya dari bibir pantai sampai ke tengah laut. Setiap harinya pantai Sanur ini ramai dikunjungi untuk sekedar berenang atau pun sekedar bersantai serta menikmati pemandangan laut yang lepas. Pantai Sanur untuk saat ini makin terlihat sangat indah karena sudah di reklamasi yang di akibatkan dari abrasi yang menggerus pasir di beberapa bagian bibir pantainya. Pantai Sanur telah dirubah total bentuk penampilannya dengan dipasangnya penahan ombak di bagian ujungnya, proses perubahan ini terjadi pada tahun 2004, sehingga setiap pengunjung pantai dapat menikmati keindahan laut lepas dengan nyaman sambil duduk-duduk bersantai di bale. Jarak setiap krib dengan krib lainnya hanya sekitar 15 meter, hingga membentuk sebuah muara yang sangat nyaman dan aman digunakan untuk berenang karena pada area dangkal dan tidak berombak. Sepanjang bibir pantai Sanur banyak disediakan trotoar yang dipakai bagi pengunjung yang ingin jalan-jalan, maupun bersepeda di sepanjang kawasan pantai Sanur. Pada salah satu sisi trotoar banyak penuhi dengan pedagang cenderamata dan banyak juga beberapa tempat makan, minum atau café yang berjajar. Sebagai Objek wisata pantai yang sudah sangat dikenal, Anda akan banyak menemui fasilitas akomodasi dari hotel bertaraf internasional seperti Hotel Sindhu Beach, Hotel Sanur Beach, Hotel Hyatt, Hotel Grand Bali Beach dan banyak lagi yang berada di sepanjang timur dan tenggara dari kawasan pantai Sanur.

Salah satu hotel paling tua di pulau Bali yang dibangun di pantai Sanur ini bernama Ina Grand Bali Beach yang letaknya persis pada tepi pantai. itulah keelokan dari Pantai Sanur, anda setiap saat bisa mengunjungi Pantai ini, karena kawasan objek wisata pantai sanur setiap harinya tidak sepi dengan pengunjung, baik pengunjung dari domistik maupun non domistik. untuk sampai di Sanur tidak begitu sulit anda cukup mencari kota denpasar kemudian ke arah timur maka anda sudah berada di kawasan wisata pantai ini, dan banyak jasa transportasi yang siap menghantar anda sampai ke tujuan