Setelah kita jalan-jalan di kawasan wisata banyuwangi tentu tidak lengkap jika kita tidak menyempatkan untuk mencari yang sedap-sedap tentunya. tidak lain dan tidak bukan tentu saja kuliner, kalau kita membahas tentang kuliner tentu saja kita akan terasa lapar dan membayangkan betapa lezatnya menu ini, salah satu yang paling di cari oleh wisatawan di kota banyuwangi adalah menu masakan yang khas asli dari banyuwangi. Banyak warga mengatakan bahkan ada juga sebagian wisatawan hanya ingin mencicipi menu tradisional dari kota banyuwangi, tentunya ini sangat menarik sekali bagi sebagian dari wisatawan, diantara sebagian besar menu makanan yang paling banyak dari di kota banyuwangi adalah PECEL PITIK, jika anda mendengar kata pitik mungkin akan terlintas adalah ayam, memang benar adanya bahwa pitik merupakan salah satu hewan bersayap yang mempunyai rasa daging yang gurih, PITIK asli bahasa jawa yang berarti ayam.

Wisata Kuliner Pecel pitek Banyuwangi

Wisata Kuliner Pecel pitek Banyuwangi

Kuliner pecel pitik ini berasal dari suku using (nama suku dari banyuwangi) untuk mendapatkan menu pecel pitik ini memang bukan gampang karena menu ini biasanya ada jika ada suatu acara adat saja, namun untuk sekarang ini untuk menemukan pecel pitik ciri khas asli kota banyuwangi anda tidak perlu repot menunggu sampai dengan upacara adat, karena warung makan yang berada di kota banyuwangi hampir dapat kita temui.

Pecel pitik ini berbahan dasar ayam yang masih muda sekitar umur 7 sampai 8 bulan mungkin, jadi daging dari ayam ini akan terasa empuk dan gurih, pecel pitik ini cara membuatnya menggunakan tuku yang di bakar namun ayam yang di panggang tidak terlalu kering jadi bisa kita bayangkan bahwa daging ayam muda ini sangat lezat dan gurih tentunya. menurut penduduk using menu makanan ini tidak di sajikan untuk menu makanan setiap hari namun hanya pada waktu-waktu tertentu saja, jadi menurut mereka menu Pecel Pitik ini terbilang masih sakral, Pecel Pitek ini merupakan salah satu makanan favorit Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas sampai sekarang.

Pecel pitek ini disajikan dengan parutan kelapa yang masih muda dan dicampur dengan kacang tanah sudah di haluskan. Kacang tanah yang sudah di sangrai tadi dicampur lagi dengan beberapa bumbu pedas serta diaduk rata bersama dengan sedikit air kelapa yang masih muda supaya bumbu meresap. kemudian bumbu rempah-rempah tersebut dicampur dengan ayam kampung sudah dipotong menjadi beberapa bagian.

Jadi bila anda sudah di banyuwangi anda harus mencicipi menu masakan ciri khas dari suku using yang sangat lezat ini. masih banyak sekali wisata kuliner dari banyuwangi namun yang pasti setelah Pecel Pitik ini saya akan menambahkan beberapa manu ciri khas dari kota banyuwangi.