Apabila anda berwisata di kediri jangan lupa untuk mampir ke tempat wisata goa selomangleng, goa selomangleng merupakan objek wisata paling populer di kota kediri. Karena tempatnya yang dekat dengan SMA negeri dan Universitas Kadiri. Goa ini terbentuk dari batu andesif besar jadi sangat menyolok dari kejauhan. Di namakan gua selomangleng karena tempatnya di atas bukit menurut bahasa jawa selo yang artinya BATU dan mangleng artinya MIRING. Dari cerita warga sekitar, dulu goa ini sebagai tempat pertapan dewi kili suci. Dewi kili suci adalah putri dari raja airlangga yang tidak mau menerima tahta yang di berikan ayahnya kepadanya namun dia lebih memilih mengasingkan diri di goa selomangleng.

Sepintas memang goa selomangleng tidak ada ke istimewaannya, namun ke istimewaannya terdapat saat anda berada di dekat gua,di depan mulut goa selomangleng terdapat bongkahan-bongkahan batu besar yang berserakan yang sebagiannya ada pahatan. Dan di dinding-dinding goa selomangleng terdapat relief yang berbentuk manusia, namun relief ini hanya bisa di lihat dengan bantuan penerangan seperti dengan sinar lampu hp atau senter. Karena di dalam gua tidak ada cahaya lampu, hanya cahaya dari pintu gua, di gua ini terdapat 2 pintu kecil di sisi kanan dan di sisi kiri gua, di dalam goa selomangleng terdapat 3 ruangan , ruangan pertama saat kita pertama kali memasuki goa tersebut, ruangan ini cukup besar di bandingkan 2 ruangan lainnya.

Di ruangan ini terdapat relief di dinding gua dan juga bunga-bunga segar yang berserakan di bawahnya, serta bau dupa yang menyengat. Di ruangan ke 2 di sisi kiri pintu masuk gua,ruangan ini sangat sempit dan sangat minim cahaya di dinding ruangan ini juga ada relief kalaupun ingin melihatnya juga dengan bantuan penerangan. Di ruangan ke 3 di sisi kanan pintu masuk, ruangan cukup lebardari pada ruangan ke 2, tepat diatas pintu masuknya terdapat relief seperti yang ada di candi-candi, di dinding sisi kiriruangan ini ada cerukan kecil yang berbentuk tungku sebagai tempat dupa.

Jarak beberapa meter dari goa selomangleng ini juga terdapat museum purbakala yang di namakan museum airlangga yang di dalamnya menyimpan benda-benda arkeologi patung-patung atau arca, di sebelah kiri museum terdapat pura tempat ibadah orang hindu. Jarak beberapa meter sebelah utara gua selomangleng terdapat gunung klothok yang di atasnya terdapat mata air bernama “elo” pengunjung bisa menaiki gunung tersebut dengan menggunakan anak tangga. Di kawasan ini juga terdapat fasilitas kolam renang, dan wahana tempat bermain anak, juga taman untuk bersantai dan tentunya warung-warung yang menjajakan makanan dan minuman tempat parkirnya juga luas. Di area ini juga terdapat patung dewi kili suci yang sangat cantik. Bagi anda yang tidak tahan dengan bau dupa lebih baik jangan terlalu lama saat ada di dalam gua selomangleng.