Gunung Bromo merupakan salah satu gunung merapi yang masih aktif namun menyimpan segudang keindahan. Bila anda sudah berada di jawa timur belum lengkap jika anda belum mengunjungi Gunung Bromo yang merupakan salah satu objek wisata alam paling indah ( Wonderful Indonesia ). bukan hanya sekarang ini saja gunung bromo sejak dahulu sudah terkenal dengan keindahannya.

Gunung Bromo merupakan asal mula kata Brahma yang di mana dalam agama budha adalah seorang dewa. kisah ini sudah menjadi legenda untuk orang-orang di sekitaran gunung bromo ini. Bromo merupakan salah satu icon wisata alam dari Jawa Timur. Meskipun bromo bukan salah satu terbesar di indonesia namun keindahan yang di tampilkan gunung sangat menakjubkan. anda akan terpesona ketika baru tiba di kawasan wisata gunung bromo. karena hamparan pasir putih yang sangat luas.

Pada ketinggian 2.770 m anda akan melihat sunrise yang tidak akan anda temukan pemandangan di gunung manapun, keindahan inilah yang menjadikan wisatawan dari penjuru dunia datang untuk melihat sunrise dari Gunung Bromo, anda bisa menemukan sunrise yang sama di pantai sanur bali. Saat sunrise Anda akan melihat latar depan dari Gunung Semeru yang mengeluarkan asap dari kejauhan sedangkan matahari bersinar terang naik. momen inilah yang sangat di nantikan oleh wistawan yang datang di gunung bromo.

Adat Masyarakat Bromo

Masyarakat di sekitaran bromo dihuni oleh suku Tengger yang sampai kini meyakini bahwa Gunung Bromo merupakan tempat dimana ada seorang pangeran yang mengorbankan hidup untuk keluarganya. Pada hari tertentu dalam satu tahun suku tengger ini akan mengadakan upacara yng diyakini sebagai salah satu upacara yang wajib dilakukan dari keturunan mereka. upacara ini dinamakan Kasada atau Kasodo yang dimana semua masyarakat akan berbondong-bondong untuk mengumpulkan sesaji seperti sayuran, ayam, dan uang. setelah semuanya terkumpul sesaji tersebut akan dibuang ke dalam kawah gunung bromo sebagai salah satu bentuk persembahkan kepada dewa brahma.

Suhu di Bromo

Suhu udara di Gunung Bromo antara 3°-20° derajat. bila anda tidak kuat dengan udara yang sangat dingin, sebaiknya membawa jaket, sarung tangan atau penutup kepala. namun setelah matahari terbit cuaca akan cepat berubah menjadi panas, inilah keunikan dari bromo yang selalu mempunyai cuaca ekstrim di setiap musimnya. Untuk mencapai titik paling tinggi di gunung bromo anda harus melewati lautan Pasir yang sangat luas dengan rute perjalanan yang sangat curam, bahkan kendaraan roda empat pun tidak disarankan untuk melakukan perjalanan menuju kaki gunung bromo. sebagai alternatif transportasi anda bisa menyewa kuda atau bisa juga menyewa kendaraan dari pemandu wisata. untuk itu bila anda datang dengan rombongan atau melalui agen tour misalnya, sebaiknya tanyakan dahulu sesampai di sana fasilitas apa saja yang harus anda peroleh terutama untuk menuju kawasan wisata gunung bromo.

Bagi anda yang tidak sempat atau lupa membawa bekal, anda tidak perlu cemas karena di area sekitaran akan menuju kawasan wisata banyak tersedia restoran dan warung makan yang siap untuk untuk mengisi perut anda. kuliner yang paling terkenal di sekitaran gunung bromo adalah kopi jahe hangat, kopi hitam, nasi pecel (kadang-kadang ada), nasi goreng, rujak cingur dan ketoprak. itulah menu yang mungkin anda dapatkan.

Jalur / Rute Menuju Gunung Bromo

Untuk menuju bromo ada beberapa pintu masuk untuk mencapai kawasan wisata ini berikut ini beberapa rute yang bisa anda gunakan untuk menuju langsung ke kawasan wisata gunung bromo.

  1. Bila anda sudah tiba di daerah Pasuruan silahkan langsung mengambil jalan, menuju Warung Dowo kemudian Tosari kemudian Wonokitri langsung menuju Gunung Bromo jarak yang harus anda tempuh kira-kira 71 km.
  2. Bila anda sudah tiba di Malang silahkan cari jalur menuju Tumpang kemudian Gubuk Klakah selanjutnya ke Jemplang langsung menuju Gunung Bromo, jarak yang anda tempuh kira-kira 53 km.
  3. Jalur lain dari Malang bisa mengambil jalur Purwodadi kemudian Nongkojajar selanjutnya Tosari selanjutnya menuju ke Wonokitri setelah itu tiba ke Penanjakan dan menuju ke bromo , jarak perjalanan kira-kira 83 km.

Itulah keindahan kawasan gunung bromo, kawasan wisata ini bisa anda gunakan untuk wisata keluarga atau bersantai untuk melepaskan penat anda. untuk rute bisa anda gunakan bila anda sudah berada di kawasan pada titik tertentu misalnya bila sudah tiba di malang atau pasuruan baru bisa menemukan jalur untuk menuju ke kawasan gunung bromo.