Kota malang memang daerah pegunungan yang sejuk dan asri, banyak para wisatawan domestik maupun non domestik yang senang dan tertarik untuk pergi ke malang, selain terkenal dengan ke asriannya malang juga banyak mempunyai tempat wisata, salah satunya air terjun coban rondo. Bagi anda yang suka berwisata di air terjun anda bisa mendatangi tempat ini.

air terjun coban rondo

Air terjun coban rondo berada di tengah hutan pinus lereng gunung kawi yang di kelola Kesatuan Pemangkuan Hutan [ KPH ] Perum Perhutani Malang, air terjun ini mempunyai ketinggian 84 m dan berada di ketinggian 1.135 meter dari permukaan laut. Air terjun coban rondo terletak di desa pande sari, kecamatan pujon kabupaten malang, provinsi jawa timur, 12km dari kota batu dan kurang lebih 24km dari kota malang, dengan jarak tempuh kurang lebih 1 jam, akses menuju jalan air terjun coban rondo ini sangat mudah karena sudah ber aspal halus meskipun jalannya juga ber kelok-kelok dan terkadang tikungan tajam. tentunya setelah anda sampai di tempat air terjun coban rondo anda tidak akan merasa kecewa, karena memang tempatnya yang sejuk dan asri dan air terjunnya yang indah.

Konon air terjun ini juga menyimpan legenda, bermula dari pasangan suami istri yang bernama dewi anjar wati dan raden baron kusumo, ke dua pasangan suami istri ini hendak pergi ke gunung anjasmoro, di tengah perjalanan terjadi perkelahian antara raden baron kusumo dan joko lelono, karena joko lelono terpesona kecantikan dewi anjar wati dan ingin merebutnya, dan dewi anjar wati bersembunyi di coban atau air terjun, namun di dalam perkelahian mereka berdua gugur, akibatnya dewi anjar wati menjadi janda dalam bahasa jawa di sebut rondo. Sejak itulah coban atau air terjun tempat bersembunyi dewi anjar wati di namakan coban rondo.

Di area air terjun coban rondo juga tersedia beberapa fasilitas seperti toilet, area camping ground, tempat ibadah untuk umat muslim, panggung terbuka, area bermain anak dan tempat bersantai untuk keluarga sambil memandang air terjun, dan tentunya juga tersedia warung-warung yang menjajakan makanan dan aksesoris dengan harga yang cukup terjangkau. Dan biaya untuk masuk di dalam area air terjun ini Rp10.000 per orang,