Seperti artikel sebelumnya yaitu tempat wisata di Solo, kali ini saya masih membahas tempat-tempat wisata di solo yang memang patut untuk di kunjungi ketika anda berada di kota batik ini. Di artikel sebelumnya saya mengulas mengenai tempat wisata yang bersejarah seperti Keraton Kasunanan Surakarta yang di dalamnya banyak menyimpan benda-benda bersejarah keraton Surakarta. Bukan hanya itu saja di kota ini juga Ada beberapa tempat wisata alam di solo yang terkenal yang juga sayang untuk di lewatkan begitu saja ketika anda berada di kota Solo. Tempat wisata alam di solo ini juga sangat ramai di kunjungi oleh wisatawan domestik maupun non domestik. Dan inilah beberapa wisata alam di solo yang populer.

Baca juga → Tempat Wisata di Bandung

Grojokan Sewu Tawangmangu

Grojogan-Sewu-Tawangmangu Wisata alam di solo yang pertama adalah Grojokan Sewu Tawangmangu, sebuah air terjun yang sangat poluler di kota Solo di karenakan tempat ini memang memiliki panorama alam yang sangat indah yang berpadu dengan kesejukan udara pegunungan membuat para pengunjung tampak menikmati ketika berada di tempat wisata ini. Air terjun ini terletak pada ketinggian 1.100 di atas permukaan, dan juga memiliki ketinggian 81 meter. Air terjun Grojokan sewu ini berada di Tawangmangu tepatnya di daerah Karanganyar yang mana airterjun ini berada di tengah hutan lindung yang di dalamnya di huni oleh satwa yang jinak yaitu beberapa puluhan ribu ekor kera. Tempat wisata alam di solo yang satu ini memiliki lokasi yang luas yang tentunya juga sangat cocok untuk tempat rekreasi keluarga karena di tempat wisata ini terdapat berbagai fasilitas untuk rekreasi keluarga seperti kolam renang, taman rekreasi, temapat peristirahatan dan juga warung-warung makan dan toko souvenir.

Gua Gong

gua gongDan wisata alam di Solo yang ke 2 adalah Gua Gong, yang merupakan sebuah Gua yang memiliki ke unikan pada stalaktit dan stalakmitnya serta pada hiasan dinding gua. Konon pada hari-hari tertentu seperti hari juma’t gua ini selalu mengeluarkan suara seperti suara gamelan Gong yang di tabuh yang katanya sampai saat ini suara tersebut masih dapat di dengarkan, dan karena fenomena itulah gua ini di sebut dengan Gua Gong. Gua Gong ini terletak pada 256 meter di bawah permukaan laut, dan juga di dalam gua ini terdapat 12 ruangan dan 7 sumber mata air. wisata alam di solo yang satu ini dapat di tempuh dengan transportasi darat dengan jarak tempuh sekitar 7 km dari pasar Punung-Pacitan, 70 km arah tenggara dari kota Solo.

Air terjun Girimanik

girimaqWisata alam di Solo yang satu ini merupakan sebuah air terjun yang terkenal di Solo, di tempat wisata yang satu ini terdapat 3 buah Air terjun yaitu airterjun Manikmoyo yang memiliki ke tinggian 70 meter , dan tidak jauh dari Manikmoyo terdapat airterjun Tinjomoyo dan Condromoyo. Dan unutuk air tejun Tinjomoyo memiliki ketinggian sekitar 30 m. Ke 3 air terjun itulah yang membuat wisata alam di Solo yang satu ini ramai di kunjungi karena ke indahan panorama alam yang di milikinya sangat indah, jika di lihat dari ke jauhan ke 3 air terjun ini nampak seperti bertingkat. Tidak jauh dari air terjun Manikmoyo terdapat petilasan Raden Mas Said yang di kenal masyarakat dengan Batu Resi. Untuk lokasi Air terjun Girimanik ini berada di Desa Setren kecamatan Slogohimo, Kabupaten Wonogiri, yang letaknya berjarak sekitar 40 km dari pusat kota.

Pantai Sembukan

CIMG7913Pantai Sembukan merupakan sebuah wisata alam di Solo yang cukup terkenal di telinga masyarakat Indonesia karena di setiap tahunnya di tempat ini selalu di adakan ritual Larung Ageng yang di adakan oleh keraton Surakarta, Pemkab Wonogiri dan juga masyarakat setempat. Dengan adanya ritual itulah para wisatawan selalu ramai mendatangi tempat wisata ini untuk sekedar melihat dan meliput. Konon tempat wisata alam di Solo ini memiliki cerita mistis yaitu konon tempat ini adalah gerbang ke-13 Ratu kidul yang mana gerbang yang di gunakan ratu jidul untuk bertemu maupun menghadiri pertemuan dengan raja kasunanan Surakarta yaiti Pangkubuwono. Untuk letak wisata alam di Solo yang satu ini berada di Desa Paranggupito Kecamatan Wonogiri.

Gua Kahyangan

kahyanganGua kahyangan juga merupakan wisata alam di solo yang sangat terkenal, di sana pengunjung akan melihat gua yang berada di atas kedung dan juga terdapat air terjun di sekitar gua. Konon gua ini dulu merupakan tempat bersemedi Danang Suto Wijoyo raja pertama dari kerajaan mataram islam. Dan konon di atas puncak kahyangan adalah tempat bertemunya Danang Suto Wijoyo dengan nyai ratu kidul. Bagi anda yang percaya tahayul di larang memakai baju berwarna hijau ketika berada di tempat wisata ini. tempat wisata alam di Solo ini sangat ramai di kunjungi pada saat malam pergantian tahun jawa atau di sebut dengan bulan Suro, kebanyakan para pengunjung yang datang ke tmpat ini dari daerah luar Solo yang akan bertirakat di tempat ini. Untuk hari-hari biasa seperti malam juma’t kliwon tempat ini biasanya di jadikan tempat syukuran bagi warga yang sukses dalam karirnya dengan mengundang warga sekitar kahyangan.

Itulah beberapa tempat wisata alam di Solo yang sangat terkenal, meskipun ada di antaranya yang memiliki bau mistis, namun tetap tidak menyurutkan minat pengunjung untuk mendatangi tempat tersebut.