Tidak lengkap rasanya jika anda berada di banyuwangi tidak mencicipi kuliner banyuwangi ini, yaitu Sego Cawuk dan Rujak Soto, kedua menu dari using khas banyuwangi ini sangat di gemari bagi wisata kuliner, setelah menu Pecel Pitik dan Sego Tempong. apakah anda berminat dengan kedua menu ini? berikut ini sajian menu yang akan dapatkan jika berwisata kuliner di daerah banyuwangi.

Sego Cawuk Kuliner Khas Banyuwangi

sego-cawuk-khas-banyuwangi

sego cawuk menu khas banyuwangi

Kuliner khas Banyuwangi asli ini paling enak serta nikmat bila dihidangkan untuk menu sarapan pagi atau bisa juga untuk makan siang. Nasi Cawuk biasa dihidangkan bersama dengan parutan kelapa yang ditambah dengan air matang, dilengkapi irisan mentimun diiris kecil-kecil serta di tambah jagung. Jika anda suka biasanya, kuah khas dari Suku Using (suku using banyuwangi) ini diberi ikan teri. Sebagai lauk pendamping untuk Sego Cawuk bisa dinikmati bersama-sama pepesan ikan laut yang pedas dan telur ayam rebus atau itik rebus. Bagi anda yang selera pedas bisa menambahkan sambal tomat yang cukup membuat ekstrim di lidah.

Menurut sejarah orang tempatan kenapa menu yang satu ini disebut dengan nasi cawuk? karena dahulu penikmat menu ini belum ada sendok untuk makan Sego Cawuk, mereka hanya menggunakan tangan untuk bisa menikmatinya. yang artinya nasi cawuk bukanlah nama asli sebenarnya namun itu hanya bentuk kiasan dari bahasa jawa yang berarti nasi dimakan tidak menggunakan sendok makan melainkan langsung menggunakan tangan. inilah keunikan kuliner khas dari banyuwangi. Untuk mendapatkan menu khas Banyuwangi ini terbilang masih jarang karena hanya warung warung makan tertentu saja yang menyediakan menu Sego Cawuk. Kalau anda ingin menikmati Sego Cawuk anda harus datang ke Gedung Wanita kota Banyuwangi. namun perlu anda ketahui bahwa warung yang menyediakan nasi cawuk ini mungkin hanya tersedia dipagi hari saja.

Rujak Soto Kuliner Khas Banyuwaangi

Rujak Soto Kuliner Khas Banyuwaangi

Rujak Soto Kuliner Khas Banyuwaangi

Rujak Soto merupakan hasil kreasi kuliner khas Banyuwangi. Kuliner yang satu ini lebih mudah untuk bisa kita nikmati karena di warung warung makan di sekitaran kota banyuwangi banyak kita temui. Karena memang banyak penjual makanan khas Banyuwangi ini. Rujak Soto ini perpaduan dua kuliner yang berbeda. Yaitu rujak cingur dipadu dengan soto babat. menu yang satu ini mungkin bisa dibilang hanya ada di Banyuwangi.

Ciri khas dari Rujak Soto ini adalah Rujak cingur yang sering kita temui disajikan dengan cara disiram soto babat yang nikmat dan gurih. dari perpaduan dua kuliner yang berbeda ini bisa menghasilkan citarasa yang nikmat dan jarang ditemui di kawasan wisata kuliner lainnya. Rujak Soto ini Biasanya disajikan dengan rasa pedas namun itu semua tergantung dengan selera kita.

Itulah menu khas dari Banyuwangi, jika anda sudah dikawasan Banyuwangi sudah barang tentu anda harus menyempatkan untuk menikmati kuliner khas Banyuwangi ini, karena mungkin saja kedua menu tersebut hanya ada di Kota Banyuwangi saja.