Home » Tempat Rekreasi » Monumen Simpang Lima Gumul Kediri
Monumen Simpang Lima Gumul Kediri

Monumen Simpang Lima Gumul Kediri

Di Kabupaten kediri terdapat sebuah Monumen yang di beri nama Monumen Simpang Lima Gumul atau biasa juga di sebut SLG Monumen ini juga menjadi salah satu icon kota Kediri. selain wisata air terjun dolo besuki, goa selo mangleng, taman rekreasi gumul paradise island dan Goa Maria lourdes. Monumen ini berlokasi di DesaTugurejo, Kecamatan Gampengrejo, Kabupaten Kediri Jawa Timur tepat di pusat jalan yang apabila anda menuju ke arah selatan menuju ke Wates/Pesantren, ke arah utara ke Pagu, ke arah timur ke Gurah, ke arah timur laut ke Pare, dan tentunya ke arah barat ke kota Kediri. Sejak Monumen ini dibangun memang selalu menuai pro dan kontra karena menelan dana yang begitu besar mencapai 300 milyar rupiah, dan juga belum ada yang tau apa alasan di bangunnya Monumen Simpang Lima Gumul namun dari simpang siur masyarakat sekitar monumen ini di bangun karena terinspirasi dari jongko joyoboyo raja kerajaan kediri abad ke-12 yang ingin menyatukan 5 wilayah Kediri. Sebelum Monumen Simpang Lima Gumul bangun lokasi ini di sebut juga proliman gumul karena memang tempatnya tepat di pusat pertemuan 5 jalan yang menuju ke Gampengrejo, Pagu, Pare, Pesantren dan Plosoklaten. Monumen ini di bangun pada tahun 2003 dan di resmikan pada tahun 2008 oleh Bupati Kediri pada saat itu Bpk Sutrisno. Bangunan Monumen Simpang Lima Gumul ini memang mirip dengan Monumen Arc De Triompe di kota paris, perancis, kalau monumen Arc De Triompe ini di bangun untuk menghormati para pejuang perancis yang yang mati karena perang Revolusi Perancis dan Perang Napoleon.

Monumen Simpang Lima Gumul Kediri

Arsitektur Monumen Simpang Lima Gumul

Monumen Simpang Lima gumul kediri ini di bangun di tanah dengan luas 37 hektar secara keseluruhan, dan luas bangunan 804 meter persegi dan mempunyai tinggi 25 meter, memiliki 6 lantai setinngi 30 meter yang di tumpu oleh 3 tangga berukuran 3 meter, angka-angka tersebut menggambarkan tanggal, bulan dan tahun hari jadi kota Kediri yaitu 25-03-804 Masehi.

Monumen ini berbentuk persegi dan memiliki 2 pintu utama dari arah utara dan selatan yang berbentuk diagonal yang sangat tinggi. Di sisi Monumen terdapat relief-relief yang menggambarkan sejarah, kebudayaan dan kesenian kota Kediri, dan di salah satu sudut Monumen terdapat arca dewa ganesha yang banyak di puja oleh umat hindu yang mempunyai gelar sebagai dewa pengetahuan, dewa kecerdasan, dewa pelindung, dewa penolak bala, dan dewa kebijaksanaan, sebenarnya arca dewa ganesa ini cukup besar namun karena tempatnya berada di sudut Monumen yang sangat tinggi menjadikan arca ini terlihat kerdil dan tidak melihatkan keistimewaannya.

Menurut sebagian orang yang pernah mendatangi monumen ini mereka berpendapat Jika saja pembangunan monumen ini di kerjakan dengan baik mungkin bangunan Monumen ini akan lebih terlihat megah dan mewah, namun juga ada pengunjung yang menyukai Monumen ini dan bangga dengan Monumen Simpang Lima Gumul.

simpang lima gumul 2

Apa Yang dan ada di Monumen SLG ??

Di dalam Monumen Simpang Lima Gumul terdapat ruangan pertemuan di gedung utama dan hall auditorium di lantai atas yang beratapkan seperti kubah, ruang serbaguna di basemant diorama di lantai atas dan minimarket yang menjual souvenir di lantai bawah, di Monumen Simpang Lima Gumul juga terdapat 3 akses jalan bawah tanah atau di sebut juga lorong yang menghubungkan dari tempat parkir ke dalam baseman di dalam Monumen.

Fasilitas dan hiburan

Monumen Simpang Lima Gumul Kediri

Pada malam hari di Monumen ini tidak sepi pengunjung dan Pada hari libur Monumen Simpang Lima Gumul di buka untuk umum dan pengunjung bisa naik ke atas, jika ingin mengadakan event di Monumen Simpang Lima Gumul adalah tempat yang tepat seperti Jambore Nasional VW adalah event besar di SLG, juga sering di gelar perlombaan seperti: lomba mewarnai, drag race dan masih banyak lagi lainnya, dan terkadang juga ada pameran produk unggulan kota Kediri. Ada juga fasilitas lainnya seperti: Convention Hall atau gedung pertemuan di selatan Monumen dan terdapat 2 jalan yang sangat luas dan panjang yang biasa bahkan sering di gunakan untuk balapan liar.

Tujuan awal di bangunnya Monumen Simpang Lima Gumul ini adalah sebagai sentra ekonomi seperti sebagai pusat perdagangan dan taman rekreasi di kota Kediri. Sehingga di harapkan perekonomian di Kediri semakin maju. Demikian ulasan dari saya tentang Monumen Simpang Lima Gumul tempat rekreasi keluarga yang terbaik di kota Kediri, semoga menginspirasi anda untuk menghabiskan hari libur dan weekend di tempat ini.

Di Kabupaten kediri terdapat sebuah Monumen yang di beri nama Monumen Simpang Lima Gumul atau biasa juga di sebut SLG Monumen ini juga menjadi salah satu icon kota Kediri. selain wisata air terjun dolo besuki, goa selo mangleng, taman rekreasi gumul paradise island dan Goa Maria lourdes. Monumen ini berlokasi di DesaTugurejo, Kecamatan Gampengrejo, Kabupaten Kediri Jawa Timur tepat di pusat jalan yang apabila anda menuju ke arah selatan menuju ke Wates/Pesantren, ke arah utara ke Pagu, ke arah timur ke Gurah, ke arah timur laut ke Pare, dan tentunya ke arah barat ke kota Kediri. Sejak Monumen ini dibangun…

Review Overview

Simpang Lima Gumul - 97%

97%

Kediri

Summary : Di Kabupaten kediri terdapat sebuah Monumen yang di beri nama Monumen Simpang Lima Gumul atau biasa juga di sebut SLG Monumen ini juga menjadi salah satu icon kota Kediri.

User Rating: 4.18 ( 3 votes)

Comments

wonderful comments!