Lumpia atau banyak yang menyebutnya lunpia, dulunya saya mengira bahwa makanan lezat ini berasal dari daerah jawa barat namun mendengar penuturan dari salah sahabat saya bahwa sebenarnya makan kuliner lumpia ini merupakan warisan turun temurun dari kota semarang. nah mendengar cerita dari sahabat saya ini saya mencari-cari kebenarannya dan hasilnya memang makanan yang khas dengan gulungan ini di hasilkan dari kota semarang jawa tengah.

Menurut sejarah kuliner kalau Lumpia ini di ciptakan oleh seorang keturunan tiong hoa dan seorang jawa asli yang pada akhirnya menikah di tanah jawa terutama di daerah semarang, dengan menggunakan dua unsur yang berbeda yaitu unsur tiong hoa dan jawa, sehingga jika anda sedang menikmati lumpia pasti anda akan merasakan dua rasa yang sangat lezat dan nikmat, ciri khas pada kuliner jawa asli dan tiong hoa.

Lumpia Kuliner Khas dari Kota Semarang

Makanan lumpia atau lunpia ini mulai dikenal di Semarang ketika waktu itu semarang mengadakan Pesta Olah Raga GANEFO yang pada waktu itu pemerintahan republik indonesia masih di pegang oleh presiden RI yang pertama yaitu Presiden Soekarno. sejak itulah lumpia mulai dikenal olah masyarakat sampai sekarang.

Untuk menikmati Lumpia untuk sekarang ini anda tidak harus pergi kota semarang karena banyak sekali penjual lunpia yang berada di sepanjang jalan raya, utamanya di kota-kota besar seperti jakarta, bandung, surabaya, solo dan banyak lagi, namun jika anda ingin menikmati lunpia khas serta masih asli dari pembuatnya anda bisa datang ke kota semarang, mungkin di saat liburan anda bisa datang ke kota semarang. Alamat Pembuat asli yang masih ada adalah Mbak Lien alias Siem Siok Lien yang kini sudah berumur sekitar 45 tahu alamat kiosnya di Jalan Pemuda atau bisa di Jalan Pandanaran,

Semarang bukan hanya terkenal dengan kuliner-nya namun terkenal juga dengan tempat rekreasi dan wisata pantai. silahkan isi liburan anda untuk datang ke semarang jawa tengah. kota yang berada di sebelah utara propinsi jawa tengah.